Salam, semoga bermanfaat. By Udhin Prasetya

Senin, 17 Oktober 2011

Kalki Avatar; Sang Juru Selamat


Avatar 
adalah bentuk bahasa Urdu yang berarti Nabi atau utusan (Rasul). Dalam kamus “The Grolier International Dictionary” Avatar didefinisikan sebagai  berikut:
The Descent to earth of a deity in human or animal form. Used for the generic term for the incarnation of Vishnu. (halaman 90-91)
Terminologi Avatar berasal dari bahasa Sansekerta avatâra, diturunkan dari kata avatarati, yang bermakna orang yang turun : ava, turun dan tarati, orang yang menyilang atau menyeberang. Seorang ilmuwan dan peneliti muslim asal Iran bernama Sayyid Saeed Akhtar Rizvi menyatakan bahwa deskripsi dan ciri-ciri yang diberitahukan oleh kitab-kitab agama Hindu memiliki hubungan sangat erat dengan Kenabian al-Mustafa Muhammad S.a.w. Dalam kitab-kitab suci agama Hindu dinyatakan tentang kemunculan sepuluh orang Avatar, kesembilan orang dari mereka telah muncul ke dunia ini dan Ummat Hindu menantikan satu orang yang merupakan Avatar kesepuluh yang kedatangannya selalu dinanti-nantikan yakni Kalki Avatar. Kalki Puran adalah salah satu kitab agama hindu, di dalam kitab ini dituliskan pesan-pesan dan sebab-sebab mengapa sang nabi ini diberi nama ‘kalki’ Avatar.
Yakni Ia yang akan menghilangkan Kalki (Penyakit dan Kegelapan) dari hati manusia dan menjauhkan manusia dari kejahatan.
Dalam Kalki Puran dinyatakan ciri-ciri Kalki Avatar adalah sebagai berikut:
  • Ummat sang Nabi Kalki adalah sebuah komunitas pemuja Tuhan.
  • Sang Nabi Kalki memiliki seorang ayah yang bernama ‘Vishnuais’ yang merupakan kombinasi dari dua kata Vishnu (Wisnu) yang berarti Tuhan, dan ais yang berarti Hamba atau pelayan: apabila kedua artinya digabungkan maka kata ‘Vishnuais’ berarti Pelayan atau Hamba Tuhan. Dalam bahasa Arab arti dari Kata Abdullah adalah pelayan atau Hamba Tuhan, yang merupakan ayah baginda Nabi saw.
  • Ibunda Nabi Kalki bernama ‘Somti’ yang berarti ‘terpercaya’ atau ‘dapat dipercaya’. Nama Ibunda al-Musthafa adalah Aminah, yang juga memiliki arti  ‘Terpercaya’ atau ‘dapat dipercaya’.
  • Nabi Kalki memiliki tiga orang saudara yang masing-masing bernama:
  1. Kavi, yang berarti ‘Bijaksana’, memiliki arti yang sama dengan ‘Aqil’ dalam bahasa Arab. Aqil bin Abi Tholib adalah adik bungsu Sayyidina Ali bin Abi Tholib yang merupakan saudara al-Musthafa.
  2. ”Samat’, berarti ‘pengetahuan’ dan memiliki arti kata yang sama dengan ‘Ja’far’, salah seorang saudara baginda Nabi saw yang syahid dalam peperangan uhud, yang juga saudara ?Ali dan Aqil bernama Ja’far yang digelari Ath-Thayyar.
  3. ”Parak’, berari ‘Orang yang memiliki posisi tinggi’ dan kata ini pun memiliki arti yang sama dengan kata ‘Ali’ dalam bahasa Arab. Selain menyebutkan ciri-ciri tersebut diatas Kalki Puran juga memberikan informasi tambahan lain mengenai Nabi Kalki yang akan muncul membawa Syari’ah yang universal bagi semesta Alam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Loading...
Loading...